10 Fakta Unik Stadion Old Trafford

10. Arsitek Old Trafford

Tepat pada tanggal 1909 warga Manchester mulai mendirikan sebuah Stadium yang sekarang di kenal dengan Old Trafford. Menelan biasa tidak sedikit, Old Trafford di bangun dengan biaya sebesar 60.000 poundsterling. Old Trafford dirancang dengan memiliki 3 teras di setiap sisi yang telah di lengkapi dengan atap dan tempat duduk. Ardhibald Leitch merupakan arsitek  yang merancang Old Trafford. Selain Old Trafford pria asal Skotlandia tersebut juga menjadi arsitek beberapa Stadio besar di inggris yaitu Stadion Hamden Park, Ibrox Stadium dan White Hart Lane. Old Trafford secara umum di buka pada tanggal 19 Februari.

9. Old Trafford Hancur

Tahun 1940 tepatnya perang dunia berlangsung, Old Trafford hancur dan mengalami kerusakan yang parah akibat terkena bom dari tentara Jerman dalam serangan Manchester Blitz. 
Tahukah anda bahwa selama perbaikan Old Trafford, para pemain Manchester United terpaksa menjalani latihan di stadium tetangganya yaitu Manchester City.

8. Munich Tunnel

Anda pasti bertanya-tanya mengapa ada kata Munich (Munchen) di stadion Old Trafford, jawabannya adalah untuk mengenang tragedi Munich 1958 yang dimana pesawat yang membawa pesepak bola berbakat Setan Merah mengalami kecelakaan dan menewaskan 23 orang dan 8 diantaranya pemain Manchester United.


Di Old Trafford dinamakan "Munich Tunnel" atau terowongan munchen, disitu kita dapat melihat foto-foto kejadian tentang tragedi tersebut agar kita selalu mengenangnya. Munich Tunnel lebih seperti museum dan galeri bersejarah saya berharap suatu saat nanti dapat berkunjung kesana :)

7. Floodlight pertama

Sejak di bangun pada tahun 1909 ternyata Old Trafford belum memilik lampu yang digunakan pada pertandingan malam hari. Tepat pada tahun 1957 pada pengurus Old Trafford memasang Floodlight yang pertama kali sejak didirikan agar Setan Merah dapat melakukan pertandingan pada Malam hari. Stadion ini memang megah dengan lampu yang begitu terang, rata-rata pemakaian listrik pada saat Manchester United bertanding yaitu sebesar 5,5 Megawat. Wow..

6. Karyawan & Makanan

Fakta terbaru mengatakan bahwa saat Manchester United sedang berlaga di Old Trafford cemilan seperti Hotdog dan makanan lainnya dapat mencapai 2,5 ton. Di Old Trafford terdapat sedikitnya 400 karyawan namun pada saat hari pertandingan jumlah tersebut bertambah menjadi lebih dari 2,500 karyawan pada hari tersebut.



5. Megastore

Bagi mereka yang ingin membeli merchandise Manchester United tersedia Megastore atau tempat yang menjual barang-barang seputar Manchester United dan barang tersebut resmi dari klub, jadi keuntungan nya masuk ke klub juga hehe. Tidak hanya di indonesia kita mendapati pedagang kaki lima tetapi pada hari pertandingan kita akan mendapatinya juga di area sekitar stadion.


4. Tempat bagi Event besar

Selain menjadi stadion Manchester United melakoni laga kanda ternyata Old Trafford juga pernah digunakan dalam berbagai event besar.  Sebagai contoh pada tahun 1966 Old Trafford menjadi stadion penyelenggara FIFA Piala Dunia, Euro 1996, dan Final Liga Champions 2003. Tahun 2012 London terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade maka Old Trafford sebagai salah satu Stadion termegah di inggris pun digunakan dalam berbagai pertandingan sepak bola pria maupun wanita. Old trafford juga ternyata telah dijadikan lapangan olahraga Rugbi tahun 1998.

3. Stadion yang paling sering muncul di Film

Old Trafford merupakan stadion yang paling banyak muncul di layar kaca khususnya film lebar. Yaitu film : 
Hells is A City (1960)
Billy Liar (1963)
Charlie Bubbles (1968).





2. Tribun Bersejarah

The Legendary Stretford End merupakan sisi bagian barat dari Old Trafford. Pada saat Old Trafford belum memiliki tempat duduk maka di sisi barat ini selalu dipenuhi hampir 20,000 orang fans yang berdiri untuk mendukung setan merah berlaga. Pada saat itu Stretford End dikenal dengan suara paling keras yang ada di Britania Raya bahkan dapat mengalahkan sebuah suara pesawat ketika lepas landas. Pada tahun 1994 pihak Manchester United terus menambah kursi yang ada di Old Trafford hingga mencapai 44.000 kursi penonton lalu mereka membangun sisi Utara yang sekarang dikenal dengan North Stand. Tahun 2006 Old Trafford dilaporkan dapat menampung penonton sebanyak 76.226.

1. Fasilitas Old Trafford

Pada tahun 1970an Old Trafford menjadi stadion pertama yang membangun pagar pengaman untuk menghindari aksi Hooliganisme.


Pada bulan April hingga November rumput Old Trafford dipotong sebanyak tiga kali seminggu. Bulan desember sampai maret rumput Old Trafford dipotong sekali seminggu dan tepat dibawah lapangan terdapat pipa yang mengalirkan air hangat agar dapat mencairkan salju selama musim dingin.