Sejarah dan Filosofi Logo Manchester United

Halo sahabat fans Manchester United sebangsa dan setanah air dimana pun kamu berada semoga sehat selalu dan tetap mendukung MUFC \m/. Kali ini saya akan menulis artikel tentang Tim sepak bola terbesar di Britania raya yaitu Manchester United ato biasa disebut Red Devils dengan sejuta fans yang tersebar di seluruh belahan dunia bahkan kalo ada manusia di bulan sudah pasti dia tahu Manchester United haha..

Sebelumnya saya tulisan saya membahas tentang sejarah Old Trafford dan fakta unik yang ada pada Old Trafford, artikel kali ini saya akan membahas tentang Logo, sejarah logo dan filosofi logo Manchester United. Berhubung saya adalah seorang LogoMaker jadi sedikit lebih cepat untuk mengerti bentuk dan maksud logo tersebut meskipun pada akhirnya saya tetap mencari beberapa sumber terpercaya mengenai makna logo Manchester United.


Sebelum saya membahas tentang sejarah logo, ada baiknya saya membahas sedikit tentang sejarah klub ini. Pada tahun 1878 belum ada klub dengan nama Manchester United, pada tahun itu klub bernama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railwaiy F.C dan merupakan sebuah karya dari Lancashire dan Yorkshire, lalu kata Newton Heath adalah nama stasiun kereta api. 

Tahun 1902 tim tersebut bangkut dan nyaris bubar, setelah menjalani konflik berliku akhirnya terpilh lah Davies sebagai Chairman tim. Kemudian Davies mengadakan rapat untuk merombak tim dan mendapatkan nama baru untuk mengganti nama sebalumnya yaitu Manchester Central dan Manchester Celtic namun seorang imigran bernama Louis Rocca menyarankan “Tuan-tuan bagaimana jika kita menggunakan nama Manchester United?” kemudian nama tersebut di resmikan pada 26 april 1902 lalu Davies memutuskan untuk mengganti warna baju menujadi Merah dan Putih. 

Seiring perubahan jaman logo Manchester United mengalami beberapa transformasi bentuk. Berikut ini beberapa perjalanan perubahan logo pada Manchester United.


Pada tahun 1940 barulah Manchester United memperkenalkan logo yang digunakan pada atribut tim saat itu. Pada logo tersebut terdapat 2 binatang dan perahu lalu tulisan "Concilio et Labore" yang memiliki arti kebijaksanaan dan usaha. Arti dari lambang perahu pada logo Manchester United yang sampai saat ini ada yaitu ketika pada pertengahan abad ke 19 kota Manchester mengalami revolusi industri diataranya yaitu industri kereta api. Tanpa disadari revolusi tersebut meningkatkan perekonomian pada kota tersebut. 

Tidak hanya perekonomian saja namun jumlah penduduk berkembang pesat pada saat itu, saya tidak menulis jumlah peduduk pada saat itu karena informasi yang saya dapatkan sangat berbeda-beda. Dalam 50 tahun kota Manchester mengalami kemajuan pesat dengan melakukan import-export lewat jalur kereta api menuju pelabuhan di kota Liverpool. 

Penduduk dan tim sepak bola Manchester ternyata sering di ejek oleh para pemain dan penduduk liverpool karena menggunakan pelabuhan liverpool. Tepat tahun 1887-1894 Manchester juga membangun dermaga dengan akses langsung ke laut jadi tidak harus menggunakan dermaga liverpool.

Ini merupakan faktor utama dan awal perselisihan 2 kota terbesar di inggris, tidak hanya di sepakbola saja. Gambar perahu tersebut melambangkan kemakmuran rakyat Manchester dibidang kelautan tanpa harus bergantung pada dermaga liverpool.


Sekitar tahun 1950-1960an terjadi perubahan total pada logo Manchester United dengan tampilan yang lebih sederhana dan ramping. Logo tersebut di dominasi oleh warna merah dengan memasukan nama "Manchester United Football Club" dan menghapus tulisan latin menandakan bahwa Manchester United sudah menjadi klub sepak bola profesional.




Tahun 1970an tepat di era Sir Matt Busby logo pun mengalami perubahan dimana 3 strip yang berada pada logo di hilangkan dan diganti oleh gambar setan dengan memegang trisula. Pada saat itu Manchester United yang di pimpin oleh Sir Matt Busby mendapat julukan Red Devil karena kekuatan tim pada saat itu. Lalu logo tersebut digunakan hingga tahun 1998.






Berikut ini adalah logo yang paling terbaru yang sekarang digunakan oleh klub. Logo terbaru tersebut  menghapus tulisan "Football Club" pada logo dengan maksud klub telah menjadi saham public. Hingga saat ini klub masih di pegang oleh keluarga Glazer. Gambar perahu dengan 4 layar dipuncaknya dan kanal adalah bentuk gambaran rakyat Manchester untuk membebaskan diri dari ketergantungan pelabuhan Liverpool. 

Demikian lah sedikit sejarah klub dan Filosofi logo Manchester United. Saya berharap para agan-agan para fans maupun penikmat sepakbola selalu berkunjung ke blog saya ini :)
Jika berkenan silahkan di share, Cheers ^_^



Regards @HarianManUtd